PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANGKUNGPARUK

Main Author: Tjok Rai Partadjaya, I Pt. Rudy Sutrisna, Dsk. Pt. Parmiti,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/858
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/858/730
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain penelitian post test-only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangkungparuk. Populasi penelitian berjumlah 68 siswa dan sampel berjumlah 39 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan berbantuan media sederhana dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai thitung sebesar 3,873 dan ttab = 2,000 maka thitung lebih besar dari ttab. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dengan berbantuan media sederhana lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan berbantuan media sederhana dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: STAD, hasil belajar IPA