PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS 1 KECAMATAN TEGALLALANG
Main Author: | Md. Suarjana, Ni Luh Pt. Desy A., Nym. Kusmariyatni, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/856 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/856/728 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajran konvensional pada siswa kelas IV di gugus 1 Kecamatan Tegallalang tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di gugus 1 kecamatan Tegallalang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD SD Negeri 3 Tegallalang, dan siswa kelas IV SD Negeri 5 Tegallalang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk esai. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tegallalang dan SD Negeri 5 Tegallalang tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dengan M = 51,13 tergolong pada kriteria tinggi dan hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol dengan M =39,54 tergolong pada kriteria sedang. Adanya perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan nilai uji-t = 12,46 ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: TTW, hasil belajar , IPA