PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI GUGUS SEMERU
Main Author: | I Nym. Murda, Ni L. Febriana K., Nym. Kusmariyatni, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/851 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/851/724 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan motivasi belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan mind mapping dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada kelas V SD di Gugus Semeru Kecamatan Melaya Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Semeru, Melaya. Berdasarkan hasil random, kelas VA SD Negeri 1 Melaya sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SD negeri 1 Melaya sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah anggota kelompok 31 orang. Data minat dan motivasi belajar IPS dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan minat belajar IPS yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS berbantuan mind mapping dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; (2) terdapat perbedaan motivasi belajar IPS yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS berbantuan mind mapping dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Kata kunci: ARIAS, mind mapping, minat, motivasi