PENGARUH MODEL CTL BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS I KECAMATAN BULELENG
Main Author: | Kd. Suranata, Dw. Nym. Sedana D., Ign I Wyn. Suwatra, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/839 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/839/712 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model contextual teaching and learning bermuatan tri hita karana dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen non equivalent post–test only control group design. Populasi penelitian ini adalah 110 orang siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus I Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian yaitu kelas IV SD No. 8 Banyuning yang berjumlah 28 orang dan kelas IV SD No. 6 Banyuning yang berjumlah 28 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Rata–rata hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model contextual teaching and learning bermuatan tri hita karana adalah 23,89 sedangkan rata–rata hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model konvensional adalah 17,42, sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran contextual teaching and learning bermuatan tri hita karana dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : CTL, hasil belajar IPA