PENERAPAN PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD
Main Author: | I Wyn. Sudiana, Md. Eric Hadyanta, Ign. I Wyn. Suwatra, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/831 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/831/704 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV semester I SD Negeri 2 Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2011/2012 dengan penerapan model pembelajaran terbalik(Reciprocal Teaching).Jenispenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sudajitahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 32 orang. Data tentang kemanpuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPS dikumpulkan melalui tes yang berbentuk tes essay. Data-data yang dikumpulkan dianalisisdengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching)dapat meningkatkan kemampuan berpikirkritis siswadari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase hasil belajar berpikir kritis siswa sebesar 60% yaitu tergolong dalam kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi74% yaitu tergolong dalam kategori baik dengan persentase peningkatan sebesar 14%.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru IPS agar menerapakan model pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: pembelajaran terbalik, berpikir kritis, IPS.