PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI GUGUS III KECAMATAN JEMBRANA KABUPATEN JEMBRANA
Main Author: | Kt. Pudjawan, Ni Km. A. Diah Komala D., I Nym. Jampel, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2012
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/830 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/830/703 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan SAVI dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 234 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVa SD N 3 Dauhwaru yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas IV SD N 6 Dauhwaru yang berjumlah 28 orang. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen tergolong baik/tinggi dengan rata-rata (M) 20,44. (2) Hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol tergolong cukup/sedang dengan rata-rata (M) 16,14. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester II yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan SAVI dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional (thitung > ttabel, thitung = 3,85 dan ttabel = 2,005). Dengan demikian, pendekatan SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada kelas IV SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: pendekatan SAVI, hasil belajar IPA