PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: I Md. Suarjana, I Km. Aditya Manggala, Ni Kt. Suarni,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/803
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/803/676
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran self-directed learning (SDL) dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di SD Lab Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan The Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Lab Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian adalah kelas IVA dan IVB. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika. Bentuk tes hasil belajar matematika yang digunakan adalah tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran self-directed learning dengan mean (M) = 28,43 termasuk dalam kategori tinggi, (2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mean (M) = 22,2 termasuk dalam kategori sedang, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran self-directed learning dengan siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat berdasarkan lebih besar daripada (>). Siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran self-directed learning menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar mengikuti pembelajaran konvensional. Kata-kata kunci: SDL, Model Konvensional, Hasil Belajar.