PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG

Main Author: I Md. Suarjana, I Gst. A. Puspaningsih, I Nym. Jampel,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/793
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/793/666
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis masalah kontekstual dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 6 kelas. Sampel diambil dengan cara random sampling sebanyak 2 kelas, diperoleh siswa kelas V di SD Negeri 3 Penglatan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SD Negeri 1 Penglatan sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA, bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t yang berguna untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis masalah kontekstual dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh (thitung = 23,85 > ttabel = 2,011) dan didukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kuantum berbasis masalah kontekstual yaitu 23,6 dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 14,3. Berdasarkan temuan di atas, disimpulkan bahwa model pembelajaran kuantum berbasis masalah kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Buleleng. Kata kunci: pembelajaran kuantum, masalah kontekstual, hasil belajar.