PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENILAIAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA

Main Authors: ., Ni Made Sri Ayu Lestari, ., Dr. Desak Putu Parmiti,MS, ., I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2016
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7677
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan penilaian proyek terhadap kemampuan berpikir kritis IPA. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di gugus II Kecamatan Abang tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian sebanyak 82 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur dan uji-t. Berdasakan hasil analisis data, diperoleh: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan sig.0,041