PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN SAWAN

Main Author: I Md. Tegeh, Gst. A. Km. Desy N, I Gst. Ngurah Japa,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/737
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/737/610
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected, dan 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus VI Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus VI Sangsit tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 185 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Sangsit sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas V SDN 8 Sangsit yang berjumlah 30 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan instrumen berbentuk tes essay. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berada pada ketegori tinggi dengan mean 23,6 2) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran terpadu tipe connected berada pada kategori sangat tinggi dengan mean 31,03, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran terpadu tipe connected dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dengan thitung = 4,17 > ttabel = 2,00. Dengan demikian dapat diketahui bahwa model pembelajaran terpadu tipe connected berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci : pembelajaran terpadu, connected, hasil belajar