PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V
Main Authors: | ., Ni Kadek Candra Waisnawati, ., Dra. Made Sulastri, M.Pd., ., Dra. Ni Nyoman Garminah, M.Hum |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5747 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5747/4175 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara antara siswa yang melalui pendekatan saintifik berbasis video pembelajaran dengan siswa dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di gugus I, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah populasi 191 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling dan berjumlah 46 orang siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data keterampilan berbicara siswa, yang dikumpulkan dengan tes keterampilan berbicara. Tes keterampilan berbicara berbentuk uraian sebanyak 3 butir tes. Data dianalisis secara deskriptif secara manual dan di uji kebenarannya menggunakan SPSS-PC 16 for Windows. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis video pembelajaran dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran bahasa Indonesia (F = 0,905; p