PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Main Authors: ., Ni Wayan Nopi Adnyani , ., Drs. I Ketut Gading,M.Psi, ., I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD , 2015
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5651
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5651/4112
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran non kooperatif, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subyek penelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri 4 Manukaya tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 57 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner untuk mengukur motivasi berprestasi dan tes untuk mengukur hasil belajar IPS. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji Anava AB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri 4 Manukaya, hal ini dibuktikan dengan nilai (F=4,393; p