PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 1 SESETAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Authors: ., Ni Made Suartami, ., Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd, ., Drs. I Ketut Ardana,M.Pd.
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD , 2014
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4284
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan : 1) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas IV SD N 1 Sesetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua tahapan siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Sesetan kecamatan Denpasar Selatan yang berjumlah 28 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tekhnik tes dan observasi selama proses tindakan. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar ditunjukkan rata-rata sebesar 71 %. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan, hasil belajar sebesar 80 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pembelajarn Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : model pembelajaran Inkuiri Terbimbing hasil belajar IPA Abstract This Study aims to reserve current: 1) to improve science student learning outcomes IPA with the applications of guide inquiry learning model assisted worksheet students (LKS) in grade IV SDN 1 Sesetan in learning year 2014/2015. This research to make action class research. Implementation of the research carried out in two cycles, cycle I and cycle II with subject research is fourth grade studentds of SDN 1 Sesetan districts south of Denpasar totaling 28 people. Data collected measures of learning outcomes in the first cycle of learning outcomes showed a rise of 71 %. Furthermore, in the second cycle also increased, learning outcome by 80%. There result lead to the conclusion that the application of a guide inquiry approach to learning can improve student learning outcome IPA. keyword : Determination of guide inquiry learning model, learning outcome IPA