Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19
Main Authors: | Wulandari, Ayu, Agustika, Gusti Ngr Sastra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29259 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29259/16792 |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020 dampaknya mulai merambah ke berbagai sektor salah satunya sektor pendidikan. Maka dari itu pembelajaran daring dipilih sebagai solusi untuk melaksanakan pembelajaran di tengah pandemic Covid-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menggunakan metode daring, sedangkan sampel yang menjadi responden adalah 198 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner secara daring melalui Google Form. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring bersifat positif artinya mahasiswa memberikan respons yang baik dan positif tentang pembelajaran secara daring. Adapun rincian hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) kompetensi dosen sebesar 67,28% berada pada kriteria positif, (2) proses dan media pembelajaran sebesar 73,5% berada pada kriteria positif, (3) sarana dan prasarana sebesar 44,3% berada pada kriteria positif, dan (4) kondisi fisiologis sebesar 46,2% berada pada kriteria positif. Walaupun berada pada kategori positif namun terdapat porsentase yang cukup tinggi mencirikan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 sangat dramatik dilihat dari hasil wawancara dengan mahasiswa