Minat Belajar dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
Main Authors: | Handayani, Ni Putu Tika Putri, Wiyasa, I Komang Ngurah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25983 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25983/16514 |
Daftar Isi:
- Tingkat hasil belajar IPA siswa masih belum optimal hal ini dikarenakan siswa kurang memuaskan dalam minat belajar dan kurang aktif pada hubungan sosialnya. Jenis penelitian yang dilakukankan adalah penelitian ex post facto yang mengaplikasikan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian yang dilakukan adalah menggunakan keseluruhan siswa di kelas V yang berjumlah 329 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 166 siswa yang diperoleh dari teknik proposional random sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu terdapat kontribusi atau pengaruh signifikan minat belajar pada kompetensi atau juga kemampuan pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 49,1% dan nilai koefisien determinasinya 24,1%. Memiliki kontribusi atau pengaruh signifikan hubungan sosial pada kompetensi atau kemampuan pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 50,3% dan nilai koefisien determinasinya 25,3%. Memiliki kontribusi atau juga pengaruh signifikan minat belajar dan hubungan sosial pada kompetensi pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 60,6% dan nilai koefisien determinasinya 36,8%. Berdasar pada hasil yang didapat maka disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar dan hubungan sosial pada kompetensi ataupun kemampuan pengetahuan IPA pada siswanya. Minat belajar dan hubungan social yang kuat pada diri siswanya akan menimbulkan perasaan senang, gembira dan memiliki energi yang kuat dalam mengikuti pelajarannya.