Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa

Main Authors: Verawati, Ni Komang Rai, Tegeh, I Made, Antara, Putu Aditya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25518
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25518/16497
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar Ilmu pengetahuan sosial, minat baca, serta kurangnya motivasi berprestasi siswa menjadi latar belakang pelaksanaan penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis korelasi antara minat baca serta motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost fact. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskrptif dan inferensial dengan regresi sederhana serta regresi berganda. Populasi berjumlah 127 siswa. Pengambilan sample dengan propotional random sampling sebanyak 114 orang. Hasil analisis data yaitu rhitung senilai 0,512 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rtabel senilai 0,1548 sehingga terdapat korelasi yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan. rhitung senilai 0,576 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rtabelsenilai 0,1548 sehingga terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan serta ditemukan korelasi yang signifikan antara minat baca dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS dengan rhitung senilai 0,625 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rtabel senilai 0,1548. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa ditemukankorelasi signifikan antara minat baca serta motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD. Dengan demikian, siswa diharapkan untuk meningkatkan minat baca dan motivasi berprestasinya agar hasil belajar ilmu pengetahuan sosial yang diperoleh tinggi.