PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR

Main Authors: ., Komang Asriningsih, ., Drs. Ndara Tanggu Renda, ., I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD , 2014
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2327
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2327/2015
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).(2) mengetahui hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan Post Test Only Control Group Desain.Sampel penelitian ini SDN 1 Cempaga sebagai kelompok eksperimen dan SDN 2 Sidatapa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan sistem Random Sampling.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes.Data tentang hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif.Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji-t.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) data hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) cenderung tinggi dengan Mo>Me>M (19>18,5>13,7), (2) data hasil belajar IPA pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional Mo18,5>13,7). 2) data science learning outcomesin the group of students’who learned with the model conventional learningMo