Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Mengwi Badung
Main Authors: | ., Ni Putu Eka Sugiantari, ., Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes., ., Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2240 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2240/1939 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Generatif berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus V Mengwi Badung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Gugus V Mengwi sebanyak 109 siswa. Sampel penelitian ini adalah adalah 60 siswa, yang terdiri dari siswa kelas V SD N 3 Abianbase sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N 2 Abianbase sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data tentang hasil belajar IPA diambil dengan metode tes dan dianalisis dengan uji-t. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58, diperoleh thitung > ttabel (4,139 > 2,021), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Generatif berbantuan media audio visual lebih baik dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (81,03 > 76,27). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generatif berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus V Mengwi Badung tahun ajaran 2013/2014.Kata Kunci : model pembelajaran Generatif, media audio visual, hasil belajar, IPA. This research was aimed to know the influence of generative learning type using audio-visual in the students learning result in science subject (IPA) for the fifth grade students of Cluster V Mengwi Badung , academic year 2013/2014. This research applied non equivalen control group design . The population of this research were log 5th grade students of Cluster V Mengwi . The sample of this research were go students , which consisted of 5th grade students from SD N 3 Abianbase as the experiment group and SD N 2 Abianbase as the control group . The sample were group cesing random sampling technique . The data was abtained with test method and was analized with t-test. Hypothesis testing is performed at a significance level of 5% with df = 58, obtained tcount > ttable (4,139 > 2,021) therefore, H0 was rejected and Ha was accepted. The data showed that the students’ learning result which useel Generative learning type using audio-visual were better than those who applied convetioney learning (81,03 > 76,27) . Thus,it could be concluded generative learning type using audio-visuaal influenced the students learning result in the science subject for the 5th grade students of Cluster V Mengwi Badung , academic year 2013/2014 .keyword : Generative learning models , audio visual media , learning outcomes , science.