KONTRIBUSI FAKTOR KEBIASAAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS X KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Authors: ., Dimas Agustian , ., Drs. I Made Suarjana, M.Pd, ., Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD , 2014
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2238
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2238/1937
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kontribusi antara kebiasaan belajar dan hasil belajar Matematika, (2) kontribusi kecerdasan emosional dan hasil belajar Matematika, dan (3) kontribusi secara bersama-sama kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel adalah proposional rondom sampling, jumlah sampelnya adalah 86. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistic regresi sederhana, product moment, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Matematika diperoleh nilai thitung = 18,495 > ttabel = 1,960 dengan dk = 84 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan. Hubungan kecerdasan emosional dan hasil belajar Matematika diperoleh nilai thitung = 11,061 > ttabel = 1,960 dengan dk = 84 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan. Hubungan secara bersama-sama kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika diperoleh nilai Fhitung = 226,242 > Ftabel = 3,44 dengan dk pembilang = 2, dan dk penyebut = 83 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti memiliki kontribusi yang signifikan. Dengan demikian, kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri di Gugus X Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Kebiasaan belajar, kecerdasan emosional, dan hasil belajar matematika. This research aims to determine (1) the contribution of the study habits and mathematics learning outcomes, (2) contribution of emotional intelligence and mathematics learning outcomes, (3) contribution jointly study habits and emotional intelligence with mathematics learning outcomes. This research is expost-facto. Population was IV grade students state in Cluster X sub Buleleng academic year 2012/2013. Sampling technique is proportional random sampling, the sample size is 86. Retrieval of data using questionnaires. Data were analyzed with statistical technique simple regression,product moment, and multiple regression. The research results showed that the study habits of the mathematics learning outcomes values obtained tresult = 18,495 > ttable = 1,960 with dk = 84 at significance level 5%, which means it has significant contribution. Relationship emotional intelligence and mathematics learning outcomes values obtained tresult = 11,061 > ttable = 1,960 with dk = 84 at significance level 5%, which means it has significant contribution. Relationship jointly study habits and emotional intelligence with mathematics learning outcomes values obtained Fresult = 226,242 > Ftable = 3,44 with dk numerator = 2, and dk denominator = 83 at significance level 5%, which means it has significant contribution. Thus,s tudy habits and emotional intelligence it has significant contribution of the mathematics learning outcomes IV grade students state in Cluster X sub Buleleng academic year 2012/2013. keyword : study habits, emotional intelligence, and mathematics learning outcomes.