Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA

Main Authors: Tri Utami, Ida Ayu Putri, Wibawa, I Made Citra, Rati, Ni Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2018
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/21096
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/21096/13185
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar yang berjumlah tujuh kelas yang terdiri dari 175 orang. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara acak (random sampling) dari 7 kelas yaitu kelas V SD N 1 Bakbakan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan Kelas V SD N 3 Bitera sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Data hasil belajar IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model belajar kooperatif tipe talking stick berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018