Pengaruh Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Matematika
Main Authors: | Prabawati, I Gst. Ayu Kiki Indrayani, Sumantri, Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19465 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19465/11528 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus IX Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD gugus IX Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 163 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa kelas V yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Giving questions and Getting Answer dengan siswa kelas V yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 4,51 dan ttabel = 2,08 (thitung >ttabel). Adanya perbedaan terhadap hasil belajar Matematika siswa menandakan bahwa strategi pembelajaran Giving Questions and Getting Answer berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa.Kata kunci: Giving Questions and Getting Answer, hasil belajar Matematika