Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif

Main Authors: Afiyahni, Faizah Dwi, Huda, Choirul, Listyarini, Ikha
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2019
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19394
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19394/11465
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ThinkPair and Share terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharjo Pemalang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data dalam penelitian diperoleh melalui (1) tes (2) observasi dan (3) lembar angket. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji t (uji hipotesis). Hasil analisis lembar angket minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament mengalami peningkatan, terlihat dari hasil uji t bahwa thitung> ttabel yaitu 5,445 > 2,086. Maka kesimpulannya adalah model Think Pair and Share efektif terhadap hasil belajar siswa Kata kunci: Hasil Belajar siswa, Model Think Pair and share