PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD

Main Author: Ni Ngh. Madri Antari, I Gd. Puja Asrama, Gd. Raga,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1497
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1497/1358
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui metode kerja kelompok berbantuan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD No. 1 Sari Mekar tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 35 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 3 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Setiap pertemuannya secara berdaur mulai perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran kerja kelompok berbantuan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai media dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD No. 1 Sari Mekar tahun pelajaran 2010/2011. Pada siklus 1, persentase tingkat hasil belajar siswa sebesar 63,29%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 2 ternyata persentase tingkat hasil belajar siswa mampu mencapai 76,00%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kerja kelompok berbantuan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV SD No.1 Sari Mekar semester II tahun pelajaran 2010/2011. Kata kunci : metode kerja kelompok , media, hasil belajar