PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS 1 SIDEMEN KARANGASEM

Main Author: I Gst. A. Oka Negara, I Kd Adi Darsana, Md Putra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1482
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1482/1343
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Sidemen Karangasem tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Sidemen Karangasem tahun ajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan tehnik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sidemen dan SD Negeri 3 Sinduwati. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dengan instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajarsiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 3,52 >ttabel = 2,000). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningberpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Sidemen Karangasem. Kata-kata kunci:model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar IPA.