PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN TEJAKULA

Main Author: I Wyn. Sudiana, Kd. Arya Dwi H, Ni Kt. Suarni,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1426
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1426/1287
Daftar Isi:
  • AbstrakBerdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika diperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SD di gugus VIIKecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng rendah. Hal ini dapat dilihat dari dokumen hasil belajar matematika siswa dengan rata-rata berada di bawah KKM, disebabkabn karena proses pembelajaran di sekolah tersebut masih terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem solving dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimendengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di gugus VII Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng. Sebanyak 45 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random clas sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar matematika ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes obyektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematikaantara siswa yang mengikuti pembelajara dengan metode problem solving dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rerata kelompok kontrol (rata-rata eksperimen = 23,14 > rata-rata kontrol = 18,96) dan hasil uji hipotesi menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel(thitung = 3,796 > ttabel= 2,021).Dengan demikian, metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di gugus VII Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013.Kata-kata kunci: problem solving, hasil belajar matematika