PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG

Main Author: Ign. I Wyn. Suwatra, L. PT. Herlina W., Nym. Dantes,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1406
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1406/1267
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus XIII yang terdiri dari 3 sekolah dengan jumlah populasi 54 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling dan random dilakukan pada kelas dan berjumlah 42 orang (kelas eksperimen 21 orang dan kelas kontrol 21 orang) . Rancangan penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk komponen minat belajar dan tes untuk komponen hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan minat belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 17,108; p<0,05), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antar kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 5,659; p<0,05) dan (3) Terdapat perbedaan secara simultan minat belajar dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (harga F hitung lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Kata kunci: quantum teaching, minat, hasil belajar.