PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS V ABIANSEMAL

Main Author: I Kt. Ardana, Ni L. Pt. Yuly Milawati, I. B. Surya M,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1381
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1381/1242
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis proyek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SD Negeri Gugus V Abiansemal, Kabupaten Badung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Gugus V Abiansemal, Kabupaten Badung. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini data hasil belajar IPA, diambil dengan tes objektif yang terdiri atas 30 butir soal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan t-test. Dari hasil penghitungan diperoleh nilai rata-rata tes akhir (posttest) hasil belajar IPA, kelompok eksperimen yaitu 75,844 sedangkan kelompok kontrol yaitu 67,733. Hasil pengujian hipotesis didapatkan hasil thitung = 3,398 sedangkan ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel maka h0 ditolak dan ha diterima, sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis proyek dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional SD Negeri Gugus V Abiansemal, Kabupaten Badung. Berdasarkan perbedaan rata-rata nilai tes akhir (posttest) hasil belajar IPA tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus V Abiansemal, Kabupaten Badung. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing Berbasis Proyek, Hasil Belajar IPA