PENGARUH METODE AUDIO-LINGUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA KELAS V PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 29 PEMECUTAN
Main Author: | I Wyn. Rinda Suardika, Ni L. Md. Ratna Wati, Ni Nym.Ganing, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1378 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1378/1239 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan mendengarkan antara siswa yang dibelajarkan dengan metode Audio-Lingual berbantuan media audio dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V semester 2 di SD Negeri 29 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan jenis “nonequivalent control group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 29 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas VA dengan jumlah 45 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dengan jumlah 41 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan dari karakteristik populasi, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Dengan demikian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan melalui undian. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data yang didapatkan dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal dan homogen, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t, dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 84 menunjukkan = 7,18 dan = 2,00. Berdasarkan kriteria pengujian, > (7,18 > 2,00) maka Ha diterima dan H0 ditolak, jadi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan mendengarkan siswa. Dilihat dari nilai rata-rata post-test keterampilan mendengarkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia semester 2 yang menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol berarti penerapan metode Audio-Lingual berbantuan media audio berpengaruh terhadap keterampilan mendengarkan siswa kelas V semester 2 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 29 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: Metode Audio-Lingual, media audio, keterampilan mendengarkan