PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Main Author: Luh Putu Putrini Mahadewi, I Gst Ayu Ira H., I Wayan Romi Sudhita,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1360
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1360/1221
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswayang belajar dengan menggunakan pendekatan ergonomi partisipatori (PEP) dankelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional .Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest nonequivalentcontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD yangada di gugus 4 Desa Muncan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 133 siswa.Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 53 siswa, yangditentukan dengan cara proposional sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengantes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang disertai penjelasan. Data dianalisisdengan statistik deskriptif dan uji-t dengan bantuan program Microsoft Office Excel 2007for Windows. Semua pengujian statistik dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasilanalisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar denganmenggunakan pendekatan ergonomi partisipatori berada pada kualifikasi sangat tinggi(M= 22,57; S =4,28), sedangkan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar denganmenggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi tinggi (M=18,11; S =3,27). Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yangsignifikan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan menggunakanpendekatan ergonomi partisipatori dan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajardengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, 4,41 > 2,021).iniberarti pembelajaran ergonomi partisipatori berpengaruh terhadap hasil belajar IPASiswa kelas V SD di Gugus IV Desa Muncan, Kecamatan Selat Kabupaten KarangasemTahun pelajaran 2012/2013.Kata-kata kunci: PEP, Pembelajaran Konvensional, Hasil belajar