PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRODENSI INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SD KELAS V SEMESTER II DI GUGUS IV KECAMATAN KINTAMANI
Main Author: | Ni Wyn. Rati, I Md. Sumiarta, I Nym. murda, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1337 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1337/1198 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Pengajaran Langsung pada siswa kelas V semester II di Gugus IV Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penelitian non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Kintamani yang berjumlah 168 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas V di SDN Sekaan dan SDN Abuan, sampel diambil dengan cara random sampling. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan instrumennya adalah tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Uji-t pooled varian.Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model Pengajaran Langsung. Dimana thit > ttabel (4,14>2,000). Dengan demikian berarti pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn. Kata kunci :Telaah Yurisprodensi Inquiri, hasil belajar