PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE MURDER WITH METACOGNITIVE SCAFFOLDING (CLMMS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
Main Author: | L. Pt. Putrini Mahadewi, Km. Yeni Susani, I Wy. Romi Sudhita, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1334 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1334/1195 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) deskripsi prestasi belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CLMMS, (2) deskripsi prestasi belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan prestasi belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CLMMS dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 185 siswa. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 58 siswa, yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar IPA berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Semua pengujian statistik dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CLMMS berada pada kualifikasi sangat tinggi (M = 20,93; s = 4,18), sedangkan prestasi belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi sedang (M = 14,52; s = 4,21). Hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CLMMS dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, 5,82 > 2,00). Dengan demikian, model pembelajaran CLMMS berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa SD kelas V di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Kata-kata kunci: model pembelajaran CLMMS dan prestasi belajar IPA