PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUMBERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATIDENPASAR TIMUR

Main Author: Ni Wyn. Suniasih, Ni Wyn. Sri Wedayanti, I Kt. Ardana,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1324
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1324/1185
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis joyful learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Untung Surapati. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan perbandingan static group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Untung Surapati. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Sumerta dan SDN 9 Sumerta, masing-masing berjumlah 32 siswa.Pengumpulan data prestasi belajar ini dilakukan dengan tes prestasi belajar. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji-t separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mean pada kelompok eksperimen = 69,74 > mean kelompok kontrol (2) thitung= 2,298 > ttabel (α = 0,005)= 2,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis joyful learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Untung Surapati, Denpasar Timur Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran kuantum berbasis joyful learning berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA. Kata kunci: model pembelajaran, kuantum, joyful learning, prestasi belajar IPA