PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I II KECAMATAN SUKASADA
Main Author: | I Md. Suarjana, Kd. Suciastini, I Dewa Pt. Raka Rasana, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1287 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1287/1148 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelompok kontrolyang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswakelompok eksperimen yang mengikuti model pembelajaran Contextual Teaching Learningberbantuan LKS, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antarakelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran contextual teachinglearning berbantuan LKS dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajrankonvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only with nonequivalentcontrol group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus IIIKecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Pengambilan sampel pada penelitian inimenggunakan teknik group random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswakelas IV SDN 1 Padangbulia sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2Padangbulia sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu datahasil belajar siswa aspek kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes.dengan instrumen berupa tes objektif. Pada penelitian ini digunakan dua teknik analisisyaitu analisis statistik deskriptif dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA antara kelompok siswayang mengikuti model pembelajaran contextual teaching and learning berbatuan LKSdengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thitung= 4,208 >ttabel= 2, 021).Kata kunci: contextual teaching learning, hasil belajar IPA