PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG
Main Author: | Ign. I Wyn. Suwatra, Ni Wyn. Rumini, I Kt. Dibia, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1279 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1279/1140 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Moody dengan model pembelajaran Konvensional terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No. 3 dan 4 Kampung Baru yangberjumlah 55 orang siswa terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 26 siswa dari kelas kontrol. Sampel penelitian ini diambil dengan tekhnik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Moody lebih tinggi dengan Mo > Me > M (79 > 78,7 > 78,48), (2) keterampilan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional lebih rendah dengan Mo < Me < M (48,35 < 51,5 < 52,62), (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Moody dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil tes keterampilan menulis puisi siswa kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (78,48>53). Hal ini juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Moody berpengaruh positifterhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan BulelengTahun pelajaran 2012/2013 dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Konvensional.Kata-kata kunci: Moody, Keterampilan Menulis Puisi.