PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD
Main Author: | I Wyn. Widiana, Fatmawati. As., I Nym. Jampel, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1262 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1262/1125 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Penebel Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N di Gugus I Kecamatan Penebel dan Sampelnya adalah SD N 1 Penebel dan SD 2 Penebel. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan perhitung thit = 10,374 > ttab= 2,003. Rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT menunjukkan hasil lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD.Kata-kata kunci : model pembelajaran TGT dan hasil belajar IPA