PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SD GUGUS 3 KECAMATAN BANJAR

Main Author: Md. Sumantri, Md. Diah Rahayu Sucitawati, Syahruddin,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1259
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1259/1122
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus 3 Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Gugus 3 Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD No. 1 Dencarik, yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV SD No. 1 Banjar Tegeha, yang berjumlah 21 orang. Data prestasi belajar IPA ini dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk objektif. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (point be serial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata kelompok eksperimen adalah 24,93 dan rata-rata kelompok kontrol adalah 16,12. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV di Gugus 3 Kecamatan Banjar. Kata-kata kunci: pendekatan pembelajaran kontekstual, prestasi belajar IPA