PENGARUH PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III BANJAR ANYAR KEDIRI

Main Author: I Gst. Agung Oka Negara, Ni Pt. Deni suwitri, I Kt. Ardana,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1251
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1251/1114
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus III Banjar Anyar Kediri. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Banjar Anyar Kediri yang berjumlah 267 siswa yang tersebar pada 8 sekolah. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD 5 Banjar Anyar sebanyak 35 siswa yang menjadi kelas eksperimen dan siswa kelas V SD 1 Banjar Anyar yang berjumlah 38 siswa yang menjadi kelas kontrol, sampel dipilih melalui teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Berdasarkan hasil pengujian data post-test siswa dalam pembelajaran IPA diperoleh data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan uji hipotesis dengan uji-t. Kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 dan a = 5%. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 4,12 dan ttabel = 2,00 untuk dk = 71 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (4,12 > 2,00) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis, rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 71,37 sedangkan rata-rata nilai post-test kelompok kontrol sebesar 59,60 (1>2) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus III Banjar Anyar Kediri. Kata Kunci : model pembelajaran mind mapping, media konkret, hasil belajar IPA.