MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUALBERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPSSISWA KELAS IV SD GUGUS UBUD GIANYAR
Main Author: | I Wyn. Wiarta, I Md. Supriadi, I Wy.Sujana, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1233 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1233/1097 |
Daftar Isi:
- Abstrak Dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa, tentunya tidak terlepas dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu upaya yang dapat ditempuh dengan cara penerepan model pembelajaran yang inovatif yakni model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan penerapan model pembelajaran problembased learning berbantuan media audiovisual dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus Ubud Gianyar tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan eksperimen semu(quasy eksperimen) dengan desain ”non eqivalent control group design”, yang melibatkan sampel sebanyak 88 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes.Analisis data menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebesar 11, 56 dan dengan menggunakan taraf signifikan 5 % dan dk = 86 diperoleh sebesar 2,00. Ini berarti > (11, 56 > 2,00).Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus Ubud Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci:Problem Based Learning, hasil belajar dan media audiovisual.