PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS PANGLIMA BESAR SUDIRMAN
Main Author: | I Wyn. Darsana, Ernayani Kurniawan, I Kt. Ardana, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1229 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1229/1093 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran konflik kognitif berbasis keterampilan proses sains dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus Panglima Besar Sudirman. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen Noneqivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar gugus Panglima Besar Sudirman. Dipilih 2 kelas yang terdiri dari 81 siswa sebagai sampel. Sampel dipilih dengan tehnik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran konflik kognitif berbasis keterampilan proses sains dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV (nilai thit = 7,52 dan ttabel = 2,00) jadi thitung > ttabel. ). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara model pembelajarn konflik kognitif berbasis keterampilan proses sains dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar IPA yang dicapai oleh kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konflik kognitif berbasis keterampilan proses sains (79,76) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA yang dicapai kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (60,49). Ini berarti pemberian model konflik kognitif berbasis keterampilan proses sains berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Kata-kata kunci: Model Konflik Kognitif, Keterampilan Proses Sains, Hasil belajar IPA.