PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS I BANGLI

Main Author: I.B.Gd Surya Abadi, Ida A. A.Pramita Ningrat, I Kt. Adnyana,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1209
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1209/1072
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran resolusi konflik berbasis kemampuan berpikir kritis dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPS kelas V SD Gugus I Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian “Nonequivalent control group design”. Metode tes dilakukan dengan membagikan sejumlah tes esai untuk mengukur hasil belajar IPS. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis diketahui thitung = 6,000 dan ttabel = 2,000, maka thitung lebih besar dari ttabel maka maka ditolak dan diterima. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik berbasis kemampuan berpikir kritis dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata-kata Kunci: Model pembelajaran resolusi konflik , hasil belajar, IPS SD