PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Author: I Wy. Darsana, Md. Arini Pradipta, I Ngh. Suadnyana,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1208
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1208/1071
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letda Kajeng Pemecutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD gugus Letda Kajeng Pemecutan. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan pengacakan kepada seluruh kelas yang telah dinyatakan setara dan mendapatkan kelas IVB SDN 14 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 12 Pemecutan sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letda Kajeng Pemecutan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 3,77 lebih besar dari ttabel = 2,000.Ini berarti penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Educationberpengaruh terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas IV SD Gugus Letda Kajeng Pemecurtan.. Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, Matematika di Sekolah Dasar