PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INDONESIA
Main Author: | I.B. Surya Manuaba, Ni Nym. Muliani, I Kt. Adnyana Putra, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1205 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1205/1068 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan pembelajaran CTL berbantuan media gambar seri dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar. Sampel diambil dengan Random Sampling. Data keterampilan menulis deskripsi yang meliputi aspek kognitif,dikumpulkan melalui tes hasil belajar bentuk essay, kemudian dianalisis dengan uji-t. Nilai rata-rata deskripsi pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 82,34 > 76,33.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis deskripsi pada pelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CTL berbantuan media gambar seri dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional dengan hasil thitung lebih besar dari ttabelyaitu 5,56 > 2,00. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media gambar seri dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Gianyar.Kata Kunci : Pendekatan CTL bermedia gambar seri, Keterampilan menulis deskripsi