PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DESA SARI MEKAR
Main Author: | I Md.Tegeh, I Kd.Susiawan, Kt. Pudjawan, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1200 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1200/1063 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu: 1) deskripsi hasil belajar IPS siswa pada kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi guided note taking berbantuan media video pembelajaran, 2) deskripsi hasil belajar IPS siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional, dan 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided Note Taking berbantuan media video pembelajaran dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sari Mekar pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh SD N 1 Sari Mekar sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 orang siswa dan SD N 2 Sari Mekar sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 27 orang siswa. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS kelompok eksperimen tergolong tinggi dengan rata-rata 15,39, (2) hasil belajar IPS kelompok kontrol tergolong sedang dengan rata-rata 12,11 dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran guided note taking berbantuan media video dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional (thitung > ttabel, thitung = 2,47 dan ttabel = 2,000). Kata-kata kunci: strategi pembelajaran, guided note taking, video, hasil belajar IPS