PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI KUBUTAMBAHAN KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Main Author: I Wyn. Sudiana, Ni Pt. Evi Sutarminingsih, I Nym. Arcana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1199
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1199/1062
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetaui perbedaan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 anatara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan siswa yang mengikuti pembmbelajaran menggunakan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Posttes only control group desian. Sampel penelitian adalah SD Negeri 7 Kubutambahan berjumlah 27 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 4 Kubutambahan berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan tehnik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan metode tes dengan instrumen berbentuk tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebagai tindak lanjut dari statistik inferensial digunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran TPS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional thitung 42,3 > ttabel 2,000 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TPS yaitu 23,33 yang berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yangmengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional yaitu 18,80 yang berada pada kategori tinggi.Kata kunci: TPS, Hasil Belajar IPA.