PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ASESMEN PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS III TAMPAKSIRING
Main Author: | I Gd. Wawan Sudatha, I Wyn. Setia Wardana, Ni Md. Setuti, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1196 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1196/1059 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan asesmen proyek dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Tampaksiring Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi 148 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 70 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPA. Bentuk tes prestasi belajar IPA yang digunakan adalah pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebagai tindak lanjut dari statistik inferensial digunakan uji-t untuk menguji perbedaan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan asesmen proyek dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh hasil hitung lebih besar dari hasil tabel, yaitu 4,747 lebih besar dari 2,000 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation (GI), berbantuan Asesmen proyek yaitu 24,47, yang berada pada kategori baik dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 19,70 yang berada pada kategori cukup. Kata-kata kunci: Group Investigation (GI), berbantuan Asesmen proyek, IPA.