PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD GUGUS 2 TAMPAKSIRING
Main Author: | I Kt. Adnyana Putra, Ni Luh Pt. Eka Puspitasari, I Md. Putra, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MIMBAR PGSD Undiksha
, 2013
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1193 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1193/1056 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring antara kelompok siswa yang belajar menggunakan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring antara kelompok siswa yang belajar menggunakan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, (3) perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring antara kelompok siswa yang belajar menggunakan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan (4) interaksi antara strategi pembelajaran PQ4R dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar PKn siswa yang mengikuti strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi yaitu 92,00% dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional 80,00%, terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran PQ4R yaitu 92,00% dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 82,00%. terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran PQ4R yaitu 82,00% dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional 65,00%, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan nilai Fhit = 2,85 dan Ftab dengan taraf siginifikansi 5% adalah 1,98 sehingga thit > ttab. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Preview, Question,Rread, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring Tahun Ajaran 2012/2013. Kata-kata kunci : Strategi PQ4R, Motivasi belajar, dan Hasil Belajar PKn