PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II Ir.SOEKARNO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: Wyn.Suniasih, Wyn. Yuni Lastia, Kt.Adnyana Putra,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MIMBAR PGSD Undiksha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1187
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1187/1050
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran ARIAS dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas IV SD Gugus II Ir.Soekarno Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pra Eksperimen yaitu Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus II Ir.Soekarno Denpasar Selatan yang berjumlah 689 orang siswa. Sebanyak 70 siswa ditetapkan sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik Random sampling, sehingga didapat sampel penelitian yaitu kelas IVB SD Negeri 5 Pedungan sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV SD Negeri 2 Pedungan sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah metode tes yaitu tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran ARIAS, dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus II Ir.Soekarno Denpasar Selatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t dengan thitung = 3,07 > ttabel (α=0,05) = 2,00. Perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih dari rata-rata kelas kontrol yaitu 78,61 > 68,73. Jadi, dapat disimpulkan model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus II Ir.Soekarno Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Kata-kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, pembelajaran IPA