PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTAIF TIPE EXAMPLES NON-EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Main Authors: ., Ni Nyoman Sri Wiratni, ., Drs. Made Sumantri, M.Pd., ., I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2017
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10820
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Examples Non-Examples dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Seririt. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Seririt yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Sanding berjumlah 23 orang dan kelas V SD Negeri 2 Pejeng Kaja berjumlah 27 orang. siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes obyektif. Data dinalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non-Examples dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pebelajaran konvensional , dengan t = 3,113 dengan signifikansi < 0,05). Rata-rata hasil belajar IPS ekperimen adalah 14,65 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPS kontrol sebesar 11,60. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non-Examples berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Examples Non Examples, hasil belajar IPS This study aims to determine the difference of social learning outcomes between students who follow the learning with coopertif learning model Examples Non-Examples type and students who follow the learning with conventional learning in fifth grade elementary school students in cluster VIII Seririt Subdistrict. The research was a quasi experiment. The population was fifth grade in cluster VIII Seririt Subdistrict consisted of 8 classes numbering 210 students. The sample of this research were fifth grade in SD Negeri 2 Banjarasem were 34 students and SD N 1 Pngkungparuk were 30 students. Learning result data is collected by use objective tests. Data were analyzed using t-test. The results of this study indicate that there are differences of social learning outcomes between students who were taught by using cooperative learning model Examples Non-Examples type and students who were taught by using conventional learning, witht = 3,113 and significant