PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD
Main Authors: | ., Komang Jumi Rianti, ., I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd., ., Dr. Desak Putu Parmiti,MS |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10751 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA sebelum dan setelah mengontrol mengontrol motivasi berprestasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 182 siswayang dipilih menggunakan teknik random samping.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dan kuesioner motivasi berprestasi.Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji-t, dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (21,37) lebih besar dibandingkan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (15,78). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA sebelum mengontrol motivasi berprestasi (thitung= 4,637 dengansignifikansi = 0,000