Ekslusi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Main Authors: Azzahra, Salsabilla, Dhona, Holy Rafika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2023
Subjects:
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/56610
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/56610/25321
Daftar Isi:
  • Riset ini ingin membuktikan bahwa praktik komunikasi sekolah inklusi di Indonesia justru merupakan instrumen untuk mengekslusi siswa anak berkebutuhan khusus (ABK). Riset ini didasari oleh gagasan bahwa ruang dengan wacana tertentu pada akhirnya menghasilkan proses interaksi dan komunikasi yang tertentu pula. Proses komunikasi di dalam sekolah inklusi justru mensubjeksi ABK sebagai liyan. Pertanyaan utama penelitian ini adalah bagaimana sekolah inklusi mengkonstruksi subjek anak berkebutuhan khusus. Dengan menggunakan metode etnografi kritis di sebuah sekolah di Jawa Tengah, riset ini menemukan bahwa eklusi ABK sebagai subjek yang berbeda terjadi dalam penyeleksian penerimaan ABK. Ekslusi ini diteguhkan dalam bagaimana proses pembelajaran ABK yang berbeda dari siswa biasa dan akhirnya memproduksi kesadaran ABK sendiri. Implikasi penelitian ini adalah ajakan memindah diskusi pendidikan inklusi pada bagaimana mengkonstruksi ‘anak tipikal’ (non-ABK) menerima dan menjadi lingkungan yang supportif bagi ABK.